Bisnis

Mengenal Apa Itu Aave dalam Dunia Crypto

Dalam cryptocurrency ada bitcoin, ada pula Ethereum dan Aave. Terus Apa itu Aave ? Aave memudahkan penggunanya menjadi peminjam, pemberi pinjaman, dan mendapatkan keuntungan tanpa perantara.

Berikut sekilas tentang cryptocurrency dan blockchain, serta Aave dan Ethereum

Cryptocurrency dan blockchain

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang mulai terdengar sejak 2013. Mata uang ini sudah dijamin oleh Cryptography.

Cryptography adalah metode untuk melindungi informasi dan komunikasi melalui kode. Kode-kode ini dibuat agar hanya bisa diakses oleh pihak tertentu.

Cryptocurrency diciptakan dengan sistem blockchain agar terdesentralisasi atau tidak tergantung pada otoritas tertentu. Sistem ini dianggap demokratis karena bisa terjadi transaksi antara satu pihak ke pihak lain tanpa hambatan.

Kelebihan cryptocurrency adalah cepat, karena tidak melalui bank; Universal, semua orang bisa mengakses. Kemudian transparan, karena jelas terlihat oleh semua pemilik crypto dan terakhir bisa dikendalikan sendiri.

Kekurangannya, rawan kejahatan, berbahaya jika lupa password, dan masih banyak negara yang belum melegalkan.

Sistem blockchain disebut juga terdesentralisasi, karena data tidak hanya tersimpan di satu tempat, melainkan tersebar di mana-mana.

AAVE dan Ethereum

Ethereum adalah sistem operasi menggunakan sistem blockchain yang dikembangkan lebih lanjut atau Blockchain 2.0. Eth adalah mata uangnya dan bisa ditukar dengan cryptocurrency lain seperti bitcoin.

Sekarang, apa itu Aave?  Aave adalah protokol atau sistem pinjam meminjam dalam cryptocurrency, yang memungkinkan penggunanya untuk menjadi peminjam, pemberi pinjaman, dan mendapat bunga atas aset crypto tanpa perantara.

Singkatnya, Aave adalah software yang memungkinkan pembuatan pool pinjaman bagi penggunanya. Sehingga si pengguna bisa meminjam atau memberi pinjaman untuk 17 aset crypto termasuk ETH, BAT, dan NANA.

Aave bekerja pada sistem Ethereum.

Cara Kerja Aave

Aave menggunakan sistem pool.Para pengguna menyetor sejumlah dana yang ingin dipinjamkan yang dikumpulkan dalam pool. Kemudian peminjam dapat menarik dana dari pool tersebut ketika ingin meminjam.

Fasilitas pinjam meminjam ini menggunakan token AAVE dan aToken. Keduanya dapat diperdagangkan dan ditransfer sesuai kebutuhan pengguna.

Aave juga menyediakan pinjaman cepat atau flash loans, yang memungkinkan peminjaman dengan cepat dan dicairkan seketika.

Demikian sekilas mengenai apa itu Aave, semoga membantu menentukan jenis investasi yang sesuai bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *