Pendidikan

4 Keuntungan Kuliah Online bagi Mahasiswa

Di masa pandemi sekarang ini, proses belajar dan mengajar menjadi hambatan yang cukup berat baik bagi mahasiswa dan juga bagi tenaga pendidik, seperti guru dan dosen. Pada akhirnya, muncul sebuah keputusan dari pemerintah untuk melakukan sistem belajar online, atau yang sekarang disebut sebagai online learning.
Sistem belajar ini sudah dilakukan oleh banyak Univeristas dan Sekolah yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA).

Keuntungan Kuliah online Bagi Mahasiswa

Adanya sistem online learning ini, memberikan beberapa manfaat bagi mahasiswa dan juga dosen. Berikut ini adalah manfaat yang bisa didapatkan.

1. Menjaga Kesehatan dan Keamanan

Sejak pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia, mulai muncul beberapa peraturan dari pemerintah yang mengharuskan, seluruh Sekolah dan Universitas untuk belajar dari rumah. Oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa merasa dikejutkan dengan peraturan ini. Tapi disisi lain, kita juga merasa aman, karena terhindar dari virus Corona, sehingga kita tetap bisa belajar dan juga menjaga kesehatan tanpa takut tertular virus Corona.

2. Menghemat Waktu dan Biaya

Kuliah Online yang dilakukan oleh berbagai Universitas, memberikan manfaat secara waktu dan juga finansial. Kita tidak lagi perlu, bermacet-macetan di perjalanan ditambah, kita juga bisa lebih menghemat biaya transportasi, karena kita tidak perlu pergi ke kampus. Semua kegiatan belajar dan mengajar bisa dilakukan di rumah.

3. Belajar Lebih Mandiri dan Inisiatif

Kalau kamu biasanya hanya mendengarkan dosen berbicara, tapi semenjak dilakukannya online learning, kamu harus bisa aktif dan inisiatif dalam mencari informasi sendiri. Pengajaran yang dilakukan hanya sebatas panduan dan arahan saja, selebihnya kamu harus riset sendiri.

4. Sesuai Perkembangan Teknologi

Ketika kita melakukan sistem Online Learning, kita bisa belajar banyak hal tentang perkembangan teknologi yang sedang berkembang. Tanpa disadari, kita sudah belajar bagaimana cara mengoperasikan Zoom, Google Meet, YouTube Live, dan platform-platform lainnya. Hal ini sudah sangat membantu kita untuk belajar lebih banyak ilmu baru, tentang berbagai platform online, sebagai bekal kamu bekerja nanti.

Itulah 4 manfaat yang bisa kita dapatkan ketika melakukan Online Learning. Keempat manfaat ini, belum tentu bisa didapatkan saat belajar offline di kampus. Gimana menurut teman-teman, apa saja manfaat dari Online Learning yang dirasakan selama ini?