Kesehatan

Inilah Tanda Dari Asam Lambung Naik dan Langkah untuk Pengobatannya

Asam lambung yang naik dari perut menuju kerongkongan merupakan pertanda jika seseorang sedang terkena penyakit asam lambung. Saat kondisi ini terjadi, biasanya akan menyebabkan sensasi seperti terbakar di bagian dada atau yang biasa disebut dengan nama heartburn. Kondisi ini tentu bisa membuat penderitanya merasa kurang nyaman.

 

Karena tak jarang juga akan disertai dengan berbagai gejala-gejala lain yang menyertai. Asam lambung naik bisa terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Oleh karena itu, sebaiknya diketahui tanda asam lambung naik sejak dari sekarang, agar ketika terjadi pada diri Kamu maupun orang terdekat bisa segera melakukan tindakan pengobatan.

 

Asam lambung naik tidak terjadi begitu saja. Namun ada beberapa faktor yang menjadi pemicunya. Kebanyakan kondisi ini dikarenakan kebiasaan hidup yang tidak sehat. Sebut saja seperti sering merokok, sering mengonsumsi minuman beralkohol maupun berkafein, kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas, berminyak, dan bersifat asam, makan dengan porsi berlebihan dalam satu waktu, langsung berbaring setelah selesai makan, serta memiliki berat badan berlebih atau obesitas.

 

Meskipun asam lambung naik tidak menyebabkan kematian, namun kondisi ini bisa membuat aktivitas menjadi terganggu. Mengingat asam lambung naik bisa terjadi pada siapa saja, maka sebaiknya ketahui apa saja yang menjadi tanda dari asam lambung naik. Sehingga nantinya Kamu bisa melakukan beberapa upaya untuk pengobatannya. Beberapa hal yang menjadi tanda atau gejala asam lambung naik, yaitu:

 

1. Merasakan sensasi panas di bagian dasa (heartburn).

Gejala yang satu ini terbilang cukup sering dirasakan ketika asam lambung naik. Dimana karena asam lambung naik dari perut menuju kerongkongan menyebabkan rasa tidak nyaman lantaran ada sensasi panas di bagian dada. Tingkat sakit yang dirasakan saat mengalami heartburn ini bisa berbeda-beda pada setiap penderitanya, mulai dari yang ringan hingga menyakitkan.

 

2. Mulut terasa pahit dan asam.

Kondisi ini bisa terjadi karena asam lambung yang berada di tenggorokan menuju ke bagian mulut. Sehingga rasa pahit dan asam pada bagian mulut menjadi tidak terelakkan. Biasanya kondisi ini juga disertai dengan rasa terbakar di bagian mulut dan tenggorokan.

 

3. Sakit tenggorokan.

Asam lambung yang naik dari perut menuju ke kerongkongan bisa menyebabkan iritasi tenggorokan. Sehingga tak heran jika nantinya menyebabkan radang tenggorokan, suara serak, serta terasa seperti ada yang mengganjal di tenggorokan.

 

4. Gangguan pernapasan.

Selain beberapa gejala yang sudah disebutkan, saat asam lambung naik juga akan mengalami gangguan pernapasan, seperti batuk-batuk dan sesak napas.

 

5. Sulit menelan makanan dan minuman.

Karena terasa ada yang mengganjal di tenggorokan, menyebabkan untuk menelan makanan dan minuman pun terasa tidak nyaman.

 

6. Regurgitasi.

Gejala lainnya yang terjadi saat asam lambung naik adalah regurgitasi. Yaitu kondisi dimana makanan dan minuman yang sudah ditelan bergerak kembali menuju kerongkongan. Sebagian orang yang mengalami regurgitasi akan mengalami muntah.

 

Agar asam lambung tidak naik atau kambuh, sebaiknya lakukan upaya pencegahan. Caranya dengan mulai menerapkan pola hidup sehat. Kamu bisa mulai menerapkan kebiasaan rutin berolahraga, menjaga berat badan tetap ideal, membatasi asupan makanan yang pedas, asam, berlemak, dan berminyak.

 

Selain itu, juga hindari kebiasaan seperti merokok, mengonsumsi alkohol, ataupun langsung berbaring setelah makan. Dan jika mengalami tanda asam lambung naik seperti yang sudah disebutkan di atas, coba untuk minum obat yang bisa menetralkan asam lambung, seperti dengan Promag Double Action.

 

Obat yang satu ini mengandung antasida, yaitu hydrotalcite, magnesium hydroxide, kalsium karbonat, dan simethicone yang berguna untuk menurunkan jumlah asam lambung. Selain itu juga terdapat kandungan famotidine yang berguna untuk mengurangi jumlah produksi asam lambung. Untuk aturan pakainya, Kamu bisa mengkonsumsi Promag Double Action sebanyak 2 tablet, yaitu 1 tablet di siang hari dan 1 tablet lagi di malam hari sebelum makan.

 

Sekian penjelasan mengenai tanda dari asam lambung naik semoga penjelasan yang ada di atas mudah untuk di pahami, tapi jika kamu ingin mengetahui lebih banyak mengenai penyakit lambung saya bisa menyarankan kamu untuk mengunjungi website resmi dari promag, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *