Bisnis

Muhammad Lutfi, Mantan Orangnya SBY yang Kini Dipakai Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan dalam reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Lutfi menggantikan Agus Suparmanto yang menjabat saat ini. Muhammad Lutfi saat ini menjabat Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat (AS). Dia menyebut posisi Menteri Perdagangan seperti wasit tinju.

Pembeli dan penjual diibaratkan sebagai petinju yang bertarung. Sementara masyarakat Indonesia lainnya berposisi sebagai penonton. "Ketika wasit tidak melakukan sesuatu dengan hal yang semestinya dilakukan, oenonton dan petinju petinju ini akan melihat kecurangan atau pun kekurangan," ujar Lutfi usai diperkenalkan oleh Jokowi di Istana Merdeka, hari ini, Selasa (22/12/2020). Lutfi mengatakan, ia akan bertindak transparan selama menjabat sebagai Menteri Perdagangan. Selain itu, Kementerian Perdagangan memiliki posisi penting dalam perekonomian Indonesia.

Kementerian Perdagangan memiliki mekanisme yang memastikan arus barang berjalan dengan baik. Sehingga kegiatan ekonomi juga dapat berjalan beriringan. "Kementerian ini akan memastikan juga agar ekonomi Indonesia harus berjalan secara baik, secara efisien untuk menyejahterakan bangsa dan negara," terang Lutfi. Posisi Menteri Perdagangan bukan hal baru baginya.

Lutfi sebelumnya sempat menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Menteri Perdagangan pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *