wisata

4 Wisata Dekat Candi Borobudur yang Asyik Dikunjungi

Wisata dekat Candi Borobudur ada banyak sekali yang bisa dijelajahi. Borobudur terletak di sebuah bukit yang menghadap ke dataran berkabut dan menjadi candi Buddha terbesar di dunia dan terdiri dari lebih dari dua juta batu. Borobudur memiliki relief batu yang indah serta stupa berbentuk lonceng yang terkenal, masing-masing berisi patung Buddha

Kompleks ini didedikasikan untuk tiga dewa terbesar dalam mitologi Hindu yaitu Siwa, Wisnu dan Brahma. Terletak di sebelah timur Yogyakarta dan dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991, ada banyak destinasi wisata lainnya yang dekat dengan Borobudur dan menarik sekali untuk dijelajahi. Penasaran ada wisata apa saja?

Wisata Dekat Candi Borobudur

1. Puncak Punthuk Setumbu

Orang-orang yang suka berpetualang dan penggemar fotografi harus memasukkan Punthuk Setumbu ke dalam daftar itinerary ketika berwisata di Borobudur. Bukit setinggi 400 meter ini adalah titik pandang yang bagus bagi Anda untuk melihat Borobudur dengan segala kemegahannya. Anda juga akan mendapatkan pemandangan menakjubkan dari Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang terkenal.

Punthuk Setumbu terletak 4 km di sebelah barat kompleks candi Borobudur. Datanglah saat fajar untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan dan udara pagi yang segar. Tidak ada biaya masuk yang berlaku. Alamat Punthuk Setumbu sendiri berada di Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang.

2. Candi Mendut

Jika Anda sangat menyukai candi, Anda dapat pergi ke Candi Mendut, sebuah candi Buddha setinggi 26,4 m di dekat Borobudur. Candi Mendut sendiri lebih tua dari Borobudur. Meski berusia lebih tua dari Borobudur, namun Candi Mendut memiliki relief yang masih terpelihara dengan baik. Candi Mendut adalah tempat ziarah bagi para biksu dan umat Buddha selama perayaan Hari Waisak.

3. Museum Karmawibangga

Jika Anda lebih tertarik pada aspek budaya dan pendidikan dari perjalanan wisata, maka Anda dapat mengunjungi Museum Borobudur yang secara resmi disebut Museum Karmawibangga. Kunjungi museum ini jika Anda kebetulan berada di dekat candi Borobudur dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan proses pemugarannya selama bertahun-tahun.

Adapun Museum Karmawibangga ini berada tepat di samping kompleks candi, menjadikannya sebagai destinasi tambahan yang untuk rencana perjalanan wisata Anda. Nah, Anda sendiri  tidak perlu membayar ekstra karena tiket masuk Borobudur sudah termasuk untuk menjelajahi mueum.

4. Museum GUSBI

Galeri Unik dan Seni Borobudur Indonesia atau disebut Museum GUSBI, menyimpan koleksi unik benda-benda bersejarah dan religi, termasuk artefak yang memecahkan rekor. Di museum ini juga ada berbagai pameran penting termasuk patung Buddha, miniatur rumit Candi Borobudur, dan pakaian terbesar yang pernah dibuat di Indonesia.

Meskipun bukan bagian dari kompleks Borobudur, lokasinya dekat dengan Museum Borobudur dan tiket masuknya terjangkau, cocok untuk Anda penggemar budaya. Alamat Museum GUSBI sendiri ada di Bukit Dagi, Taman Wisata Candi Borobudur.

Selain mencari wisata dekat Borobudur, jangan lupa juga untuk berburu kuliner di sini. Ada banyak tempat makan di Borobudur yang bisa dijelajahi, lho! Jadi, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Candi Borobudur!

Leave a Reply

Your email address will not be published.