Bisnis

Cara Mengetahui dan Memilih Jenis Dump Truk Versi Terbaik

Untuk mencari dump truk terbaik, Anda harus pastikan dahulu tujuan penggunaan dan jenis keperluannya. Oleh karena itu, Anda akan tahu tipe dump truk yang cocok dengan jenis pekerjaan Anda. Selain perlu tahu modelnya, Anda juga perlu tahu cara memilihnya.

 

Mengapa Memilih Dump Truk Sebelum Beli itu Penting?

Untuk hal pemilihan dump truk, terdapat beberapa kriteria atau parameter dasar yang perlu Anda tinjau terlebih dahulu sebelum membeli. Parameter tersebut antara lain kecepatan maksimum, daya tanjak, kapasitas angkut, jenis pabrikan, tipe kendaraan, dan parameter penting lainnya.

Hal ini perlu Anda lakukan demi kebaikan Anda, keefektifan dalam bekerja serta lingkungan tempat dump truk Anda lalu lalang nantinya. Jika Anda sudah tahu kapasitas dan beban muat truk, Anda akan tahu rute mana yang harus dituju dan mana yang harus dihindari.

Misalnya, Anda tengah membawa dump truk besar yang bobot barangnya sangat berat. Jika demikian, maka hindari lewat jembatan yang punya batas kemampuan menahan beban berat. Atau Anda dapat mengurangi bobot beban ketika ingin melewati jalur khusus tersebut.

Cara Memilih Dump Truk Terbaik

 

Memilih dump truk yang paling baik kondisinya sangat penting untuk menunjang keselamatan kerja Anda selama berkendara.  Maka dari itu, Anda harus bisa memastikan dump truk yang Anda beli atau Anda gunakan nanti memenuhi syarat keselamatan yang berlaku.

Berikut ini cara memilih dan mengetahui dump truk dengan kriteria terbaik sesuai kebutuhan pekerjaan Anda.

1.   Pilih Berdasarkan Tipenya

Dump truk sendiri terdiri atas beberapa jenis atau tipe dimana masing-masing tipe tersebut memiliki tugas serta fungsinya tersendiri secara spesifik. Namun, semua tipe dump truk mempunyai beragam konfigurasi dan beroperasi dengan sistem hidrolik.

Beberapa tipe-tipe dump truk tersebut antara lain:

  1. Dump truk standar
  2. Transfer dump truk
  3. Side dump truk

2.   Pilih Berdasarkan Kapasitas Angkut

Kapasitas angkut dari suatu truk menjadi indikator sangat penting dalam memilih dump truk terbaik.  Hal ini dilakukan agar pengendara dapat menggunakan dump truk sesuai wilayah kerjanya. Untuk truk yang memiliki beban akhir terlalu besar pasti akan dilarang beroperasi di suatu tempat tertentu sebagaimana aturan dan kebijakan yang berlaku di wilayah tersebut.

3.   Pilih Berdasarkan Kemampuan Manuvernya

Sebelum membeli, ketahui dulu keperluan dump truk Anda dari segi kemampuan manuvernya. Jika Anda ingin mencari dump truk dengan manuver terbaik, tipe dump truk standar adalah jawabannya. Radius belok tipe ini cenderung sempit sehingga sangat baik manuvernya. Tipe dump truk standar juga sangat cocok digunakan di tempat yang luas serta mudah untuk bergerak kearah manapun.

4.   Memilih di Produsen Kendaraan Terbaik

Setelah Anda menemukan jawaban jenis dump truk sesuai kebutuhan, maka langkah selanjutnya adalah memilih produsen kendaraan sudah terkenal dengan produk kendaraan terbaiknya.

Contoh produsen kendaraan terbaik tersebut adalah Mitsubishi FUSO dari PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors. Salah satu produk dump truk terbaik miliknya

adalah Colt Diesel FE SHDX K.Untuk informasi lengkap terkait spesifikasi kendaraan tersebut  dapat Anda tinjau pada laman resminya di ktbfuso.co.id.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *