Nasional

Menpan RB Pastikan Kerahasiaan Soal untuk Tes CPNS

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo memastikan kerahasiaan soal untuk test seleksi nasional pengadaan calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2021. Tjahjo mengatakan setiap tahunnya, kerahasiaan soal yang digunakan untuk CPNS menjadi prioritas dari penyelenggara. "Kami yakini sudah sejak tahun tahun kemarin masalah kerahasiaan dan keamanan data ini menjadi kata kunci dan jaminan kita bersama," ujar Tjahjo dalam konferensi pers virtual, Selasa (20/4/2021).

Ketua Tim Pengarah Panselnas Pengadaan ASN tahun 2021 ini mengatakan soal CPNS akan dimasukan ke dalam sistem CAT BKN. Mantan Mendagri ini mengatakan proses ini membutuhkan kehati hatian demi kerahasiaan soal yang akan diberikan dalam seleksi CPNS. "Pada proses ini diperlukan kehati hatian dan jaminan kerahasiaan dan keamanan data datanya," ucap Tjahjo.

Tim seleksi CASN tahun ini berasal dari BSSN, BPPT, BPKB, dan BKN. Dirinya memastikan proses kerahasiaan akan dijamin oleh penyelenggara. "Mengawal kelancaran dan keamanan seluruh rangkaian proses yang sedang kita persiapkan dengan rasa penuh tanggung jawab ini," kata Tjahjo.

Seperti diketahui, Kemendikbud menyerahkan soal seleksi nasional pengadaan calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2021 ini ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB). Pada tahun ini, Kemendikbud kembali mendapatkan tugas menyusun soal CASN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *