Otomotif

United Luncurkan Motor Listrik T1800, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Produsen sepeda, United kini merambah pasar motor listrik. Model pertama yang dirilis United adalah United T1800. Dikutip dari Kompas.com, bisnis baru motor listrik ini berada di bawah brand United E Motor yang juga menjadi divisi ketiga PT Terang Dunia Internusa (TDI) yang sebelumnya sudah menjalankan bisnis sepeda dan sepeda listrik.

Direktur PT TDI, Henry Mulyadi mengatakan, melalui United T1800, pihaknya ingin memberikan pilihan produk yang lebih luas dengan tampilan elegan serta teknologi dan fitur yang lengkap. "Kami merupakan pionir fitur fitur masa depan yang dapat dirasakan langsung saat ini." "Kami yakin fitur ini nantinya juga akan diikuti oleh kompetitor lainnya,” kata Henry di Serpong, Tangsel, Sabtu (12/12/2020).

Pihak PT TDI juga mengatakan, terjun ke segmen motor listrik karena melihat peluang pasar dan target pemerintah meningkatkan produksi motor listrik 2 juta unit pada 2025. "Dua hal ini membuat kami berkeinginan untuk masuk ke motor listrik. Sehingga kami buat satu produk yang bisa menjawab berbagai kebutuhan dari pengendara di Indonesia," katanya. Untuk diketahui, United T1800 dapat dibeli secara online seharga Rp 27 juta.

Sebelumnya United membuat harga promo yang berlangsung dari 7 13 Desember 2020 seharga Rp 24.500.000. Selain secara online, saat ini penjualan dan layanan purnajual motor listrik dapat dilakukan di dealer pusat United E Motor di Alam Sutra, Serpong, Tangerang Selatan. Januari 2021, United akan membuka flagship dealer di Pantai Indah Kapuk II.

Adapun layanan purna jual saat ini untuk home service masih berada di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi United T1800 memiliki dimensi panjang 1.886 mm, lebar 715 mm, dan tinggi 1.170 mm. Bobot kosongnya 99 kg dengan daya angkut 150 kg.

Velgnya 12 inci dengan ban berukuran 100/170 untuk bagian depan. Sedangkan ban belakang menggunakan 120/170. Untuk bagian belakang menggunakan konfigurasi dual shock, dan menggunakan dua cakram di depan dan belakang.

Motor listrik ini menggunakan dinamo dari 60V 18000W besutan Bosch. Diklaim, United T1800 dapat menghasilkan rated speed 620 rpm dengan torsi 27 Nm. Daya tersebut disokong baterai Lithium ion berkapasitas 60V 28Ah.

Di kondisi daya terisi penuh, motor dapat dipacu hingga 70 km/j dan jarak tempuh hingga 60 km dengan kecepatan rata rata 50 60 km/j di mode kecepatan normal. Baterainya bisa dicopot untuk memudahkan pengisian daya. Atau bisa juga langsung diisi dengan mencolok menggunakan charger bawaan.

"Charger kami pakai yang premium dengan daya 15 Ampere. Bukan fast charging tapi pengisiannya lebih cepat." "Charger nya juga pakai kipas jadi tetap dingin," kata Awan Setiawan, Manager United E Motor. Dikutip dari Kompas.com, desain United T1800 mengikuti selera pasar skutik sporty.

United T1800 hadir dengan banyak lekukan tajam alih alih bergaya imut dan lucu. Dari segi penerangan, motor ini dilengkapi lampu depan LED dengan model dua mata bergaya agresif. Terdapat juga windshield besar dan stang semi telanjang.

Deknya tidak rata seperti skuter entry level sebab bagian tengah merupakan tempat penyimpanan baterai. Manfaat baterainya berada di tengah ialah, di bawah jok jadi ada tempat alias bagasi buat menaruh barang. Lampu belakangnya juga cukup futuristik.

Besar dan pakai mika bening. Lampu belakang, lampu setop dan sein sudah LED. Semua pencahayaan dan panel instrumen menggunakan LED. United T1800 mempunyai tiga mode kecepatan.

Yang pertama mode maksimal 50 km/j, kedua 60 km/j, dan yang terakhir 65 km/j. Ada juga Mode Turbo yang bisa meningkatkan kecepatan sampai 70 km/j. Uniknya, motor ini mempunyai gigi mundur atau reverse.

Meski hadir dengan kunci, United T1800 bisa digunakan tanpa kunci atau keyless. Hadir juga fitur alarm sebagai penghalau maling. United T1800 punya fitur bernama repair mode.

Tujuannya sebagai antisipasi jika gas rusak motor masih bisa dijalankan. Ada fitur yang jarang ditemukan di sebuah unit motor listrik, yakni speaker. Uniter T1800 memiliki speaker yang terkoneksi dengan bluetooth yang terletak di depan, di bawah glove box.

Tak hanya mendengarkan musik, pengeras suara tersebut juga bisa dijadikan racer sound atau suara mesin buatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *